Fakhrum’s BLOG

this is what u know as BLOG

  • April 2017
    M T W T F S S
    « Mar    
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930

My Great “ESCAPE”… part 2 (struggle)

Posted by fakhrum on March 26, 2011

Lebih cepat dari yg diduga…
Benar-benar gk nyangka kalau waktu itu akan datang secepat ini.
Aku memang harus berusaha keras untuk bisa keluar dari zona nyaman ini, sbelum nantinya bertambah berat.

Lalu, langkah apa yg harus diambil?
Cobaan ini memang tidak mudah; Tantangan besar dari Tuhan yang aku yakini ditujukan untuk merubah aku menjadi hamba yg lebih kuat dan lebih sabar.

FYI, cobaan yg lg aku alami merupakan cobaan hati, seperti yg sudah aku sebutkan di post sbelumnya.
Biarpun aku sudah sering menjadi trainer, bahkan memberikan ceramah tentang manajemen emosi,,,
tetap saja… aku hanya manusia biasa yg emosi dan keimanannya suka naik turun.
Terdengar seperti mencari-cari alasan? Itu membuktikan kalau aku memang manusia yang normal 😀
Aku bisa mengontrol emosi, bisa Merubah mindset, bisa merubah kepribadian.
Tapi sebelum itu semua kulakukan, pastinya aku merasakan dulu rasa galau, stress, dan depresi yang ingin kukontrol tersebut.
Dan itulah yg sedang terjadi saat ini. Kurang lebihnya begitu… penjelasan lebih lanjut ada dibawah :p

Terkadang ada emosi yg masih bisa tumpah walaupun sudah coba dikontrol sebaik mungkin.
Apalagi jika emosi yang kita rasakan itu baru pertama kali dirasakan.
Butuh waktu untuk mengenali, mempelajari, dan mencari cara untuk mengontrolnya.
Itulah saat-saat dimana aku mulai galau karena membutuhkan wadah yg pas menampungnya.
Tetesan-tetesan emosi yang tumpah itu terasa perih ketika  sudah jatuh kedalam hati yang sedang rapuh.
Dan hanya dengan menyerahkan seluruhnya kepada Allah, baru kita bisa mulai sedikit tenang.

Pengalaman memang guru terbaik, aku mengakui itu, tapi hanya jika pengalaman itu telah dirasakan sendiri,
alias bukan pengalaman orang lain (at least for me :p).
Ya, aku sadar betul kalau aku itu tipe orang yg gk percaya suatu hal tanpa melihat ataupun merasakannya secara langsung.
Dan menurutku jika ditambahkan rasa percaya diri ,semangat tinggi, serta action, pemikiranku itu bisa menjadi sifat pemikiran orang-orang optimis 😀
Dan disinilah aku sekarang, berdiri di tengah-tengah pengalaman baru yang menuntut ketegaran dan kestabilan diri yang tinggi.

Perjuanganku baru dimulai, dan aku yakin aku bisa melewati badai hati ini, dan berharap selalu mendapat bimbingan dan ridha dari-Nya.
Dan aku selalu percaya bahwa Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan hamba-Nya.
Dia tahu yang terbaik buatku, dan aku gk akan berhenti mengexplore dan menempa diriku untuk menjadi hamba yg lebih baik dari sebelumnya.
Semoga Allah membantuku, serta memaafkan dosa-dosaku.

Amin….

Posted in whAt i feEL | 1 Comment »

My Great “ESCAPE”… (Continued)

Posted by fakhrum on January 8, 2011

Astaghfirullah… Allah memang Maha membolak-balikkan hati. Saat ini kondisi hati dan pikiran sedang kalut, berbagai masalah yg menimpa secara bertubi-tubi bagaikan bom waktu yg pada suatu saat akan meledak. Ya, inilah sifat manusia, yg senang mengeluh ketika sudah terperosok kedalam lembah kebimbangan, ketika mereka tahu bahwa sesuatu yg buruk akan terjadi dalam waktu dekat dikarenakan perbuatan mereka sendiri. Aku sadar kalo suatu saat aku akan menerima konsekuensi dari smua perbuatanku, bahkan dari sebelum aku mengambil pilihan2 yg aku sadari sebenarnya itu kurang baik. Sampai2 aku nulis lg di blog, itu artinya sudah ‘OVERLOAD’.

WHAT’S WRONG WITH MY HEAD???!!! Sudah tahu kalau akan ada konseluensi besar dalam tindakan buruk yg akan kulakukan, tp tetap saja dilakukan. Parahnya, hal itu dilakukan terus menerus. STUPIDITY? I think it’s far more stupid than that -___-“.

Ya Allah, aku butuh lebih dekat lg denganmu agar aku selalu terjaga dari sifat dan perbuatan2 bodohku. Walaupun aku tahu banyak cara mengontrol emosi jiwa, tetap saja sulit untuk mengontrolnya ketika Hati digoyang secara bertubi-tubi. Suhu tubuh naik, jantung berdebar kencang, nafas terasa sesak, tangan gemetar, dan efek selanjutnya bisa dipastikan… perut akan terasa mules… -_-”

Apa yg harus kulakukan? Everything is out of my naive control. ***** RELAX MAN… lanjutin dulu curhatnya!

WHY… WHY… WHY…!!!! Kenapa semua ini sulit untuk dilewati! BEEERRRAATTT…!!!! Sampe ngos2an! Aku mau bebas, aku mau semua ini segera terlewati! <– enak aje.

Aku sedang labil, butuh pelampiasan, butuh suatu hal yg bisa menenangkan aku (dengan hal2 positif tentunya). Diambang stress itu memang mengerikan, kalo gk pintar2 mengontrol hati, bisa salah ambil jalan nantinya, jangan sampe deh, Naudzubillah.

Oke… hufffttt…., tarik nafass panjang…. Bismillahirrahmanirrahim… dengan ini aku harus meninggalkan kebiasaan2 lama yg bisa menjerumuskanku pada hal2 yg bodoh. GOD, NEED U HERE! <- manusia banget… butuh Tuhannya kalo udh kepepet doank. Maafkan aku ya Allah, karna sering melupakanmu. Gk pake lama, udah dzuhur, langsung ke masjid YOOOSSSHHH…!!!!!!

Bersambung…

Posted in whAt i feEL | Leave a Comment »

“CINTA” itu…

Posted by fakhrum on September 16, 2008

Pernah mencoba mencari arti ‘cinta’?

Gampang aja, tinggal tanya sama mbah google, kasih keyword “definisi cinta”, nanti keluar berbagai macam situs maupun blog yg memberikan definisi cinta itu.

Banyak sekali orang2 yg mencoba memberikan definisi ‘cinta’. Entah berbekal pengalaman, pengetahuan maupun mencoba mendefinisikannya sesuai kata hati. Dari berbagai definisi cinta yg pernah gw dengar, baca, dan simpulkan sendiri…, cuma sedikit yg membuat gw benar2 merasa kesemutan dari dada sampe ujung kepala dan berkata “itu baru cinta”.

Salah satu definisi cinta yg pengen gw bagi2 ke semuanya ini dikutip dari kata2 Gde Prama di acara ‘kick andy’

Cinta

Cinta itu sebuah perjuangan
Cinta tidak pernah datang dengan cara murah datang dari langit
Semuanya harus kita perjuangkan
Dan seringkali cinta itu baru mekar setelah kita melewati berbagai macam derita
Derita bukan musuhnya cinta
Derita itu sedang membuat cinta jadi lebih dewasa

Ngeri banget tuh kata2nya. Jadi, jangan pernah menunggu cinta, akan tetapi cari dan bentuklah sendiri cinta itu.

Posted in BerFiLOsofI Ria | 7 Comments »

8 to 8

Posted by fakhrum on August 7, 2008

GRATIS mulai jam 8 malam sampai jam 8 pagi…!!!!!!

Apaan tuh? kayaknya pernah tau dimana gitu. Ya iya lah orang ada iklannya di tipi2 kok. Explore dari XL? bener, Speedy? bener juga. Tapi berhubung gw dilahirkan didunia ini dengan membawa stengah DNA seorang laki2 yg membanting tulang di TELKOM,,, ya jadilah gw promosiin Speedy aja 😀

mau tau cara dapet gratisannya speedy? baca langsung dari sumbernya aja, soalnya gw males kalo harus nulis ulang, walaupun cuma pake teknologi ‘ctrl+c’ & ‘ctrl+v’. hihihi

Selamat bersurfing ria…

Posted in Common | 4 Comments »

OUCH…!!!!

Posted by fakhrum on July 30, 2008

Ah gila banged!!! Lagi bete, pusing, merenungi nasib, eh tambah dikorek2 tuh luka. Ya mau gk mau tetep aja SAKIT euy, hampir aja gw nangis (gile aja cowok se cool gw kalo sampe nangis gara2 ngerasain ‘sakit’nya jalan hidup yg lg gw tempuh). <– Kalimat terakhir gk usah dibanyangin ya

Ya Allah…, tunjukkanlah aq jalanmu, kuatkanlah hatiku, lapangkanlah dadaku, show me Your miracle!!!

Intro yg mengerikan memang, tapi itu yg lagi gw rasain sekarang. Buat yg bingung ngebaca nih tulisan, silakan berkubang didalam kebingungannya. Kalo tetep bingung ya gk pa2, gw cuma iseng2 doank bikin tulisan ini. Trus knp gw nulis tulisan gk jelas ini? Karna gw emang lg gk ada kerjaan, jd ya daripada gw meratapi nasib yg sementara kerasa berat ini dan ujung2nya strezzz, mending gw tumpahin dikit ke wadah yg lebih lebar dari volume otak biar tercipta luas penampang yg lebih besar sehingga bisa menguap lebih cepat. hehehe…

WHAT’S DONE IS DONE…

Gw emang lagi terjerembab di kerangkeng kegundahan karena gw tau gw gk bakal bisa memutar waktu agar kembali ke posisi sebelum gw menapakkan kaki ke lubang kehidupan yg gw pilih. ‘Menyesal’ ya pastinya di belakang2 donk. Tapi daripada nongkrongin entah salah atau benarnya bekas jejak yg udah dibuat, mending nyoba mikirin langkah selanjutnya pengen dimulai pake kaki apa, langkahnya sejauh apa, apa yg mau diinjak, dan jgn lupa BASMALAH!!! hihihi. Gw sendiri masih bingung, terlalu banyak beban yg gw bawa gara2 jalan yg udah pernah gw ambil. Walaupun kalau dinilai dari kebanyakan orang jalan yg udah gw pilih itu termasuk buruk kurang baik, gw gk akan pernah bilang kalo gw salah ambil jalan. Walaupun ujung2nya menyakitkan, bikin gw stress dan, dapet banyak pikulan (beban), selama gw bs ambil pelajaran dan tidak pernah menganggap semua itu sia2, gw bakal tetep punya optimisme untuk melanjutkan langkah yg sempat tersendat walaupun dengan seabrek beban yg ada, walaupun juga dengan luka2 yg masih terbuka dan walaupun dengan kenyataan gw tahu bahwa kedepannya luka2 itu sewaktu-waktu akan terbuka lagi, entah dari faktor internal maupun eksternal. huff… Saat ini gw lagi pengen istirahat bentar, mengumpulkan energi, mandi dulu, tidur2an dulu, minum susu dulu, biar seger lagi. Tapi luka tetep nyut2an aja. Ah udah ah, gk usah kebanyakan tapi2an.

LIFE IS BEAUTIFUL…

Hidup memang sangat luar biasa kawan. Petualangan yang memiliki cabang nasib yg tak terduga, dimana kita akan selalu menemui hal2 yang akan membolak-balikkan otak dan hati (secara sang Pencipta yg Maha membolak-balikkan hati) kalau kita mau mengeksplorasi lebih jauh dan mencoba memutar sedikit -sudut pandang- mata kita. Pandangi kehidupan dari segala sisi, coba terbang lebih tinggi, maka akan terlihat alur dan tautan jalan2 kehidupan yg sebelumnya tak terlihat. Ah gila filosofis banget gw. Tapi…, begitulah apa adanya.

KUNCINYA…>>> SABAR…. (rahasia orang2 plegmatis)

Posted in whAt i feEL | 5 Comments »

doa…

Posted by fakhrum on September 24, 2007

“ya Allah berilah aku kekuatan untuk selalu mengingatmu…”

Posted in whAt i feEL | 2 Comments »

REgreT & f0oLisnEss

Posted by fakhrum on September 3, 2007

huff… kenangan tentang kebodohan yg pernah gw rasakan…

gk penting banget memang…, tapi setidak penting apapun masih bisa dijadikan pelajaran yg berharga…

Sebelumnya, ini gara2 gw abis nonton dorama ‘proposal daisakusen’, yg ceritanya ada  sedikit yg mirip ama kehidupan gw (bukan time-slipnya lho), yaitu tentang cara berpikirnya yang selfish dan memang bodoh sehinga dikemudian hari hanya bisa menyesali kebodohan tersebut.

Emangnya kayak apa sih pemikirannya yang ada di dorama itu??? Kalo ada yg udah pernah nonton pasti langsung tau donk. Buat yg blom pernah nonton, gw ceritain dikit dah kesamaannya sama gw.

Gw waktu nonton tuh dorama ya biasa aja, sampe ada kata2 yg kalo gw simpulkan kayak gini, “Selama ini ‘dia’ selalu ada didekatku, sehingga aku berpikir masih akan selalu ada hari esok untuk mengutarakan perasaanku, karena esok ‘dia’ masih akan berada didekatku”. Itu merupakan pemikiran yg gw bilang merupakan suatu kebodohan, karena ketika ‘dia’ sudah jauh dan tidak bisa kita raih lagi, itulah saat dimana kita hanya akan dapat menyesali kebodohan kita itu sendiri (gw pake kata ‘kita’ karena mungkin aja ada yg  baca ini dan punya pemikiran kayak gitu juga :p).

Jadi…, ya itulah hal yg pernah gw alami, sempat berpikir seperti itu sehingga ketika semua itu sudah hilang tanpa disadari, hanya penyesalan yg muncul kemudian, cuma bisa berpikir “coba waktu itu gw…”.

Teman…, kita tidak tahu kapan sesuatu yg berharga akan hilang dari pandangan kita, jadi manfaatkan waktu yg ada sebaik-baiknya ketika sesuatu yg berharga itu masih ada bersama kita. Tidak ada gunanya penyesalan, jika memang sesuatu yg berharga telah hilang, tetaplah cari sisi positifnya, pasti selalu ada sisi positif yg bisa kita ambil.

nb : kata2 ‘dia’ dan ‘sesuatu yg berharga’ merupakan variabel bebas yg bisa disubtitusikan sesuai kebutuhan 😀

Posted in EXPERI-->ence-ment, whAt i feEL | 2 Comments »

ESQ…

Posted by fakhrum on August 14, 2007

Wuiiiih capek juga abis jadi panitia ESQ…

Jadi gini…, ITS kan ngadain training ESQ buat semua mahasiswa baru, dan trainingnya dibagi jadi 5 gelombang, setiap gelombang dihadiri sekitar 700 peserta, dan tiap gelombang lamanya 2 hari dari jam 6 pagi sampe maghrib. Sekilas kerjaan buat panitia gk banyak, sering nganggur, tapi kok aneh ya, setiap selesai maghrib rasanya capek dan ngantuk banget, secara gk langsung bisa mempengaruhi performance waktu maen DOTA malemnya :p. Keuntungan jadi panitia bisa ikut ESQ gratisan biarpun gk full karena harus ngurus tugas laen :D. Keuntungan laennya, dapet konsumsi yg banyak,  soalnya banyak sisanya, gyahahaha. :)) Ada lagi lho keuntungan laen buat cowok…,banyak juga pemandangan yg “segar-segar” :p.

kalau dilihat dari sudut pandangku, training ESQ terdiri dari 2 jenis training, yaitu inagurasi dan renungan. Dua bentuk ini dijalankan bergantian, kasarnya abis senang2 langsung nangis2 trus senang2 lagi nangis2 lagi dst. Peserta memang bisa mendapatkan banyak hal, baik dari spiritual maupun emotional enlightment, tetapi hal tersebut tidak akan bertahan lama, karena tidak terlalu mendalam. Mungkin hal ini diakibatkan waktu yg singkat, karena normalnya rata2 ESQ diadakan 3 hari.

Hal lain yg membuat ESQ kurang optimal adalah jumlah peserta yg banyak, sampai 700an, dengan begini sudah pasti tidak semua bisa dipantau dan mendapatkan esensi dari ESQ itu sendiri. Heh… biar aja lah, bukan aku kok yg jadi peserta :p. O iya, ngomong2 soal peserta, ada juga yg ikut ESQ gratisan, yaitu Visitor, entah juga visitor itu orang2 dari mana, bukan urusanku juga :D. 1 hal yg aku lihat dari lulusan ESQ (secara umum) yg aku temui ketika jadi penitia…, kok kayaknya gk ada perubahan secara emotional dan spiritual ya? Kesannya yg didapat dari ESQ tuh hanya sekedar pengetahuan mengenai emotional dan spiritual quotient, bukan perubahan emotional dan spiritual yg mendasar dan tertanam erat bak brainwashing(sekali lagi ini secara umum, berarti gk semua), tidak ada penanaman mindset yg baru.Kalo istilahnya di komputer neh, cuma quick format doank, gk pake full format, jadi kalo ada bad sector ya masih mendekam tuh di otak dan hati.

Pemikiranku seperti ini muncul setelah membandingkan berbagai training yg ada, dan yg terlihat dari lulusannya.Ya tapi sekali lagi, bukan berarti ESQ udah gk guna, masih sangat dibutuhkan kok, walaupun tidak banyak. Paling tidak panitia masih banyak mendapat keuntungan :p.

Posted in EXPERI-->ence-ment | 3 Comments »

gk KP mroyek pun jadi

Posted by fakhrum on August 7, 2007

liburan semester genap pun udah mau selesai, beberapa teman juga udah mulai berdatangan setelah KPnya selesai…

Hufff…, gw emang gk KP liburan semester ini dikarenakan 1 dan lain hal. Tapi bukan berarti liburan ini gw membatu sampe berlumut dan menjamur. Untuk melampiaskan ketidakbisaan gw untuk KP, jadilah gw berburu proyek. Bak gayung bersambut, belom aja mulai nyari eh udah ada yg nanyain “Ada yg bisa VB gk?”, dengan serta merta gw ngaku “Aku bisa, emang napa?”, semenjak itulah gw dapet tawaran untuk nyelesain TA salah satu anak Teknik Industri.

Setelah gw tanya2 ternyata deadlinenya cuma 1 minggu, Gileeee yg bener aje, tapi setelah dikasitau kalo udah ada program yg pernah dibuat programmer sebelumnya ya gw rasa bisalah kalo cuma ngelanjutin aja. Setelah gw cek sekilas programnya, dan setelah gw kalkulasi, kira2 bisa lah selesai 1 minggu, tinggal nyempurnain aja programnya.

Akhirnya pekerjaanpun dimulai, setelah ngecek dan ngebetulin beberapa fungsi, jalanlah si program tersebut, tapi… ternyata fungsi perhitungan utama yg diminta oleh si client itu BELOM ADA SAMA SEKALI, jadi ternyata yg udah dibuat si programmer sebelumnya selama 2 bulan tuh cuma TAMPILAN!!! AJE GILE…, ya gw jd poesink, gimana nyelesain 1 minggu kalo fungsi utama aja belom ada, belom nanti checking errornya.

Setelah meminta petunjuk dan bimbingan dari Tuhan, serta mendapat dorongan, dan makanan :p dari client, jadilah gw ngerjain tugasnya sampe lembur se-siang-an penuh (gw normalnya tidur siang, melek malem), serta yg paling parah GW NINGGALIN DOTA!!! Ya begitulah gw kalo udah mulai ngoding, sama gilanya kalo udah mulai ngegame :D.

1 week later…

WAAAAA belom selesai juga programmnya, fungsi utama udah jadi, tampilan udah bisa diliat tapi belom bisa memenuhi semua permintaan tampilan, apalagi checking errornya masih banyak yg harus ditambal. Secara keseluruhan sebenarnya program yg gw kerjain itu udah ancur dari awal, susunannya udah gk terstruktur, gk OOP pula, benar2 berantakan, tapi gk mungkin gw bikin dari awal dalam waktu 1 minggu, jd gw lanjutin aja yg berantakan itu. Alhasil sang program yg seharusnya gk terlalu berat bisa memakan memori sampe sekitar 100 Mega, trus kalo udah dijalanin prosesnya, hasil bisa keluar nyampe sekitar 7-10 detik, buset dah rusak amat nih program.

Tapi, untungnya di Teknik Industri tuh gk ngeliat codingan dan efisiensi program, yg penting hasilnya keluar, ya udah gw pikir gk masalah kalo programnnya kacau begitu. :p

Hingga akhirnya si client udah sidang dan lulus dengan lancar, serta gw dapet asupan makanan :p dan ‘honor’ (xixixi) tentunya. Weeee gk kerasa 1 minggu lewat tanpa MAEN DOTA!!!! AAAAARRRGGGHHH..!!!!! Alhamdulillah sekarang udah bisa maen DOTA lagi dengan damai… 😀

sekarang dapet tawaran lagi dari seorang dosen di jurusan laen buat bikin program pake Qt (bahasa C di LINUX), wadoooh… dipikir2 lagi deh…, kalo ada yg mau langsung kasitau gw 😀

Posted in EXPERI-->ence-ment | Leave a Comment »

PUSIIIING…!!!!

Posted by fakhrum on August 6, 2007

maksud pusing disini bukan pusing karena bingung ato terlalu sibuk, tapi pusing gara2 abis maen game, tepatnya abis maen GTA San Andreas…

Gk keren banget ya pusingnya, tapi emang bener2 bikin mau muntah… Yah mungkin ini bisa dijadikan sebuah pelajaran, kalo maen GTA mending maen yg GTA 3 ato Vice CIty aja, gk terlalu bikin puyeng, soalnya motionnya gk sebanyak dan sedetil San Andreas. Tapi kalo emang kuat maen San Andreas ya silakan :D. Kalo mau bandingin ama aku coba  aja maen Medal of Honor, aku cuma bisa tahan maen 5 menit doank, abis itu tepar dah.

Aneh juga ya, maen cuma 5 menit tapi istirahatnya ampe berjam-jam :)).

Kalo ada yg ngerasa punya masalah yg sama serta memiliki solusinya tolong bagi-bagi yaks… 😉

HIDUP PARA GAMERS!!!! :p

Posted in EXPERI-->ence-ment | Leave a Comment »