Fakhrum’s BLOG

this is what u know as BLOG

  • August 2007
    M T W T F S S
    « Jun   Sep »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  

gk KP mroyek pun jadi

Posted by fakhrum on August 7, 2007

liburan semester genap pun udah mau selesai, beberapa teman juga udah mulai berdatangan setelah KPnya selesai…

Hufff…, gw emang gk KP liburan semester ini dikarenakan 1 dan lain hal. Tapi bukan berarti liburan ini gw membatu sampe berlumut dan menjamur. Untuk melampiaskan ketidakbisaan gw untuk KP, jadilah gw berburu proyek. Bak gayung bersambut, belom aja mulai nyari eh udah ada yg nanyain “Ada yg bisa VB gk?”, dengan serta merta gw ngaku “Aku bisa, emang napa?”, semenjak itulah gw dapet tawaran untuk nyelesain TA salah satu anak Teknik Industri.

Setelah gw tanya2 ternyata deadlinenya cuma 1 minggu, Gileeee yg bener aje, tapi setelah dikasitau kalo udah ada program yg pernah dibuat programmer sebelumnya ya gw rasa bisalah kalo cuma ngelanjutin aja. Setelah gw cek sekilas programnya, dan setelah gw kalkulasi, kira2 bisa lah selesai 1 minggu, tinggal nyempurnain aja programnya.

Akhirnya pekerjaanpun dimulai, setelah ngecek dan ngebetulin beberapa fungsi, jalanlah si program tersebut, tapi… ternyata fungsi perhitungan utama yg diminta oleh si client itu BELOM ADA SAMA SEKALI, jadi ternyata yg udah dibuat si programmer sebelumnya selama 2 bulan tuh cuma TAMPILAN!!! AJE GILE…, ya gw jd poesink, gimana nyelesain 1 minggu kalo fungsi utama aja belom ada, belom nanti checking errornya.

Setelah meminta petunjuk dan bimbingan dari Tuhan, serta mendapat dorongan, dan makanan :p dari client, jadilah gw ngerjain tugasnya sampe lembur se-siang-an penuh (gw normalnya tidur siang, melek malem), serta yg paling parah GW NINGGALIN DOTA!!! Ya begitulah gw kalo udah mulai ngoding, sama gilanya kalo udah mulai ngegame :D.

1 week later…

WAAAAA belom selesai juga programmnya, fungsi utama udah jadi, tampilan udah bisa diliat tapi belom bisa memenuhi semua permintaan tampilan, apalagi checking errornya masih banyak yg harus ditambal. Secara keseluruhan sebenarnya program yg gw kerjain itu udah ancur dari awal, susunannya udah gk terstruktur, gk OOP pula, benar2 berantakan, tapi gk mungkin gw bikin dari awal dalam waktu 1 minggu, jd gw lanjutin aja yg berantakan itu. Alhasil sang program yg seharusnya gk terlalu berat bisa memakan memori sampe sekitar 100 Mega, trus kalo udah dijalanin prosesnya, hasil bisa keluar nyampe sekitar 7-10 detik, buset dah rusak amat nih program.

Tapi, untungnya di Teknik Industri tuh gk ngeliat codingan dan efisiensi program, yg penting hasilnya keluar, ya udah gw pikir gk masalah kalo programnnya kacau begitu. :p

Hingga akhirnya si client udah sidang dan lulus dengan lancar, serta gw dapet asupan makanan :p dan ‘honor’ (xixixi) tentunya. Weeee gk kerasa 1 minggu lewat tanpa MAEN DOTA!!!! AAAAARRRGGGHHH..!!!!! Alhamdulillah sekarang udah bisa maen DOTA lagi dengan damai… πŸ˜€

sekarang dapet tawaran lagi dari seorang dosen di jurusan laen buat bikin program pake Qt (bahasa C di LINUX), wadoooh… dipikir2 lagi deh…, kalo ada yg mau langsung kasitau gw πŸ˜€

Leave a Reply

 
