Fakhrum’s BLOG

this is what u know as BLOG

  • August 2007
    M T W T F S S
    « Jun   Sep »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  

ESQ…

Posted by fakhrum on August 14, 2007

Wuiiiih capek juga abis jadi panitia ESQ…

Jadi gini…, ITS kan ngadain training ESQ buat semua mahasiswa baru, dan trainingnya dibagi jadi 5 gelombang, setiap gelombang dihadiri sekitar 700 peserta, dan tiap gelombang lamanya 2 hari dari jam 6 pagi sampe maghrib. Sekilas kerjaan buat panitia gk banyak, sering nganggur, tapi kok aneh ya, setiap selesai maghrib rasanya capek dan ngantuk banget, secara gk langsung bisa mempengaruhi performance waktu maen DOTA malemnya :p. Keuntungan jadi panitia bisa ikut ESQ gratisan biarpun gk full karena harus ngurus tugas laen :D. Keuntungan laennya, dapet konsumsi yg banyak,  soalnya banyak sisanya, gyahahaha. :)) Ada lagi lho keuntungan laen buat cowok…,banyak juga pemandangan yg “segar-segar” :p.

kalau dilihat dari sudut pandangku, training ESQ terdiri dari 2 jenis training, yaitu inagurasi dan renungan. Dua bentuk ini dijalankan bergantian, kasarnya abis senang2 langsung nangis2 trus senang2 lagi nangis2 lagi dst. Peserta memang bisa mendapatkan banyak hal, baik dari spiritual maupun emotional enlightment, tetapi hal tersebut tidak akan bertahan lama, karena tidak terlalu mendalam. Mungkin hal ini diakibatkan waktu yg singkat, karena normalnya rata2 ESQ diadakan 3 hari.

Hal lain yg membuat ESQ kurang optimal adalah jumlah peserta yg banyak, sampai 700an, dengan begini sudah pasti tidak semua bisa dipantau dan mendapatkan esensi dari ESQ itu sendiri. Heh… biar aja lah, bukan aku kok yg jadi peserta :p. O iya, ngomong2 soal peserta, ada juga yg ikut ESQ gratisan, yaitu Visitor, entah juga visitor itu orang2 dari mana, bukan urusanku juga :D. 1 hal yg aku lihat dari lulusan ESQ (secara umum) yg aku temui ketika jadi penitia…, kok kayaknya gk ada perubahan secara emotional dan spiritual ya? Kesannya yg didapat dari ESQ tuh hanya sekedar pengetahuan mengenai emotional dan spiritual quotient, bukan perubahan emotional dan spiritual yg mendasar dan tertanam erat bak brainwashing(sekali lagi ini secara umum, berarti gk semua), tidak ada penanaman mindset yg baru.Kalo istilahnya di komputer neh, cuma quick format doank, gk pake full format, jadi kalo ada bad sector ya masih mendekam tuh di otak dan hati.

Pemikiranku seperti ini muncul setelah membandingkan berbagai training yg ada, dan yg terlihat dari lulusannya.Ya tapi sekali lagi, bukan berarti ESQ udah gk guna, masih sangat dibutuhkan kok, walaupun tidak banyak. Paling tidak panitia masih banyak mendapat keuntungan :p.

Advertisements

3 Responses to “ESQ…”

  1. maskarina said

    “segerrr2”????

    jenis??
    golongan??
    gyahahahahaa,,,
    canda bung…

    mampir blog gw juga yah,,
    tapi banyak ga penting juga. ga kaya qbell,,hehehehehe

  2. yana said

    iya lah perubahan buat punya spiritualitas and emotional itu kan butuh waktu bertaun-taun gak cuman bayar jreng ratusan ribu en training 2 hari. pa lagi yang ikutnya gratisan :)))

  3. ikhwan said

    itu mah cuma hingar bingar muhasabah yg dipaksa nangis ajah…bahasa lebih bijaknya diminta utk melembutkan hati…

    spiritual itu kan live within/way of life from what you believe…

    jadi butuh exper-ience-ment hidup yg penuh warna dan dimaknai dengan sadar dulu

    “bukan aku kok yg jadi peserta :p”

    good…good….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: